PENGEMBANGAN MEDIA POP - UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI MA’ARIF AT TAQWA KESAMBEN KULON WRINGINANOM GRESIK
Main Article Content
Abstract
This study aims to develop a Pop-Up Book-based learning media to enhance critical thinking skills of fifth-grade students at MI Ma’arif At Taqwa in social studies, particularly in the topic of cultural diversity in Indonesia. The research employed a Research and Development (R&D) method using the ADDIE model, consisting of analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The media was validated by content and media experts, achieving feasibility percentages of 91.67% and 98.33%, respectively. A limited trial with 10 students showed a highly positive response with an average score of 4.39 (87.87%), categorized as "very good". The analysis of pre-test and post-test results indicated a significant improvement in students' critical thinking skills. The Pop-Up Book media proved to be effective, engaging, and contextually relevant, supporting integrative thematic learning and reinforcing the values of the Pancasila Student Profile. This research recommends the media as an innovative and feasible alternative for teaching social studies in elementary schools.
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Muassis Pendidikan Dasar memiliki hak penerbitan setiap artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis
How to Cite
References
Aafaani, Muhammad Afkaar, Fatiya Rosyida, Djoko Soelistijo, and Purwanto Purwanto. 2023. “Pengembangan media pembelajaran aplikasi ECCJ (Education Cultural Central Java) pada materi keragaman budaya Geografi.” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 3(6):559–72. doi:10.17977/um063v3i6p559-572.
Agustin, Nurul. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 3 KRIAN.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 2(2):141–48. doi:10.55732/jmpd.v2i2.68.
Cahyani, Indah Rizki, Muhammad Sobri, and Prayogi Dwina Angga. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS KELAS IV DI SDN 4 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025.” 10.
Daswananda, Kadita Fasih, and Achmad Fathoni. 2024. “Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Siswa di Sekolah Dasar.” (001).
Inayah, Adien, Fitri Khoiroh Sayidah Harahap, Friska Widia, Hilda Melani, Nurul Handini, and Eka Yusnaldi. 2024. “Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPS di MI/SD.” 8.
Kamal, Astrid Liani, Muhamad Khaedar Ali, Desy Safitri, and Sujarwo Sujarwo. 2024. “Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(3):12. doi:10.47134/jtp.v1i3.336.
Kamila, Unialicha Syarifah and Sukartono. 2023. “Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS Materi Ayo Berkenalan Dengan Bumi Kita Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Kalirejo.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(4):1872–82. doi:10.31949/jee.v6i4.7610.
Lestari, Madya Indah. 2024. “Hambatan dan tantangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar.” Elementary School Teacher 7(2):48–58. doi:10.15294/9wvmet33.
Nada, Aizzatin, Evi Noor Yanti, and Dany Miftah M. Nur. 2025. “Perancangan Buku Pop-Up Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Perdagangan Internasional.” 2(4).
Najib, Muhammad, Muhammad Munir, and Arif Prasetyo. 2023. “Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar.” Journal of Integrated Elementary Education 3(1):16–33. doi:10.21580/jieed.v3i1.14760.
Novela, Dina, Ari Suriani, and Sahrun Nisa. 2024. “Implementasi Pembelajaran Inovatif melalui Media Digital di Sekolah Dasar.” Journal of Practice Learning and Educational Development 4(2):100–105. doi:10.58737/jpled.v4i2.283.
Permatasari, Regita Intan, and Hendrik Pandu Paksi. 2025. “Pengembangan Media Aplikasi ‘Kerya’ Materi Keberagaman Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SEKOLAH DASAR.” 13. https//:ejournal.unesa.ac.id/.
Putri, Rossa Selfi Yuliana, A. F. Suryaning Ati Mz, and Oriza Zativalen. 2024. “Media Pop Up Book Digital sebagai Media Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 6(5):5640–50. doi:10.31004/edukatif.v6i5.7269.
Ro’is, Aldi Nur. 2025. “Penggunaan Media Pembelajaran Augmentedreality(Ar) Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar.” 11(5). doi:10.9644/sindoro.v3i9.252.
Rosyadi, Ratih Nurillah. 2024. “Studi Literatur: Pemanfaatan Buku Pop Up Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Motivasi Siswa.” 13(3). https://jurnaldidaktika.org/.
Saroro, Efifani Krismitha, and Indah Setyo Wardhani. 2024. “Media Pembelajaran Inovatif.” 4(4). doi:https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i4.3312.
Suparlan, Suparlan. 2019. “Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran.” ISLAMIKA 1(2):79–88. doi:10.36088/islamika.v1i2.208.
Widiasanti, Irika, Noval Anki Ramadhan, Muhammad Alfarizi, Aisyah Nur Fairus, Astrid Wardani Oktafiani, and Dhiya Thahur. 2023a. “Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5(3):1355–70. doi:10.31004/edukatif.v5i3.4939.
Widiasanti, Irika, Noval Anki Ramadhan, Muhammad Alfarizi, Aisyah Nur Fairus, Astrid Wardani Oktafiani, and Dhiya Thahur. 2023b. “Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5(3):1355–70. doi:10.31004/edukatif.v5i3.4939.
Yusnaldi, Eka, Ilma Husnul Sabila, Khairunnisa Nasution, Neha Lestari, Amelia Lubis, and Wenni Arobiya Siregar. 2024. “Implementasi Media Pop Up Book pada Materi Keragaman Suku dan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Antarsiswa di Sekolah Dasar.” 8.
