EFEKTIVITAS METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 4 MERAWAT TUMBUHAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN 2 KEDUNGGEBANG BANYUWANGI

Main Article Content

Silvia Indriati
Hari Satrijono
Fitria Kurniasih

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the drill method on learning outcomes in cursive writing skills on theme 6 caring for animals and plants, sub-theme 4 caring for plants for second grade students of SDN 2 Kedunggebang Banyuwangi. This study used a quasi-experimental study with a non-equivalent control group research design. The research subjects were class IIA and class II B at SDN 2 Kedunggebang. Based on the results of research analyzed with the help of SPSS version 25, it shows that there is an effectiveness of the drill method on learning outcomes in cursive writing skills on theme 6 caring for animals and plants sub-theme 4 caring for plants for second grade students at SDN 2 Kedunggebang Banyuwangi as evidenced by tcount > ttable (5,453 >1,690). While the calculation of the relative effectiveness test was obtained at 57.48% and included in the category of moderate effectiveness.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Indriati, S. ., Satrijono, H. ., & Kurniasih, F. . (2022). EFEKTIVITAS METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 4 MERAWAT TUMBUHAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN 2 KEDUNGGEBANG BANYUWANGI. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 132–141. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.18
Section
Articles

References

Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Aidah, S. N. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Basri, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1), 38-53. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4368

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. MATHLINE: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Had, A. T. Y. H., & Mudzanatun. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Penggunaan Buku Tulis Halus Kelas IIA SDN Kebonsawahan 02 Juwana. Elementary School, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.472

Hidayah, N. Aulia., A Sumiati., & A. Saktiyani. (2019). Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Menulis Teks Editorial. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(5), 771-776. https://doi.org/10.22460/p.v2i5p771-776.3442

Jayaningrum, M., N. Djumahana., & M. Effy. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ejaan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 14-25. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20767

Mariyaningsih, N., & M. Hidayat. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Masyhud, S. (2015). Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Masyhud, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi., & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Maulana, M. I., Handayani, T., & Rahayu, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Metode SAS pada Siswa Kelas II-B Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(1), 46-51. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8637

Natalita, R. K., & Situngkir, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas 1 SD. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 2(1), 18-25. https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084

Pradnyawathi, N. N. C., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660.

Rahayu, J. R. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio, 7(3), 1026-1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1332

Samsiyah, N. (2018). Penerapan Teknik Kontrastif dalam Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Kabupaten Madiun. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajaran, 5(1), 91-104. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v5n1.p%25p

Satrijono, H. (2011). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jember: Universitas Jember.